Kamis, 24 Oktober 2013

Sinopsis Novel - You Are My Sunshine: Matahari dari Tokyo




Judul novel      : You are My Sunshine: Matahari dari Tokyo

Penulis            : Clara Canceriana
Penerbit          : Gagas Media
Tahun              : 2013
Tebal isi           : 16 Bab, 328 halaman



Novel remaja berjudul You are My Sunshine: Matahari dari Tokyo karya Clara Canceriana bercerita tentang kehidupan asmara seorang dosen honorer di Universitas Bintara. Dosen honorer yang mengajar di jurusan sastra Jepang ini bernama Kristal. Ibunya selalu mendesak Kristal untuk segera menikah. Sahabatnya, Kinan, yang juga seorang dosen honorer, berusaha membantu Kristal dengan mengadakan goukon atau perjodohan dengan seorang temannya di Jepang, Ryouta. Ryouta, yang bekerja sebagai karyawan paruh waktu di sebuah perusahaan cleaning service, juga mengalami hal yang serupa dengan Kristal. Awalnya, Ryouta merasa bahagia ketika akan meninggalkan Tokyo. Ia berharap akan menemui sosok wanita yang ia cari. Namun, semuanya berubah pada pertemuan pertama mereka.
Sejak pertama kali bertemu di sebuah mal, Kristal tidak menyukai Ryouta. Penampilan Ryouta lah yang membuatnya tidak suka. Rasa ketidaksukaan Kristal terhadap Ryouta semakin menjadi-jadi, ketika Kinan meminta Kristal untuk mengizinkan Ryouta menginap di kontrakannya. Hari-hari Ryouta sungguh membosankan. Hampir setiap hari, Kristal marah kepada Kinpatsu, julukan yang Kristal berikan kepada Ryouta yang berambut pirang. Sebelumnya, tidak ada yang masyarakat yang mengetahui perihal menginapnya Ryouta di kontrakan Kristal. Sampai suatu pertengkaran yang terjadi antara Ryouta dan Bruno, pacar baru Kristal yang juga bosnya di DT Corp, perusahaan penerjemahan terkenal tempat ia bekerja. Masyarakat pun mengusir Kristal dari kontrakannya.
Pada hari pernikahan Kinan, Ryouta memutuskan untuk kembali ke Tokyo. Awalnya, Kristal sangat senang atas rencana itu. Namun, perasaannya berubah ketika Ryouta pulang. Ia merasa hidupnya kembali kelabu saat Ryouta pulang.

Novel ini memiliki 16 bab yang tidak disertai judul bab. Bahasa yang ringan dan jenaka membuat suasana cerita semakin hidup. Novel ini cocok untuk kalangan remaja hingga dewasa. Cerita ini memberikan pelajaran hidup untuk tidak membohongi perasaan sendiri, tidak menilai seseorang dari penampilannya, serta memikirkan segala tindakan sebelum melakukannya. Sayangnya, bentuk novel ini relatif kecil dan tidak disertai ilustrasi. Semua hanya berupa kata dan kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar