Minggu, 10 Maret 2013

Kiat Sukses ala Ibu Ina dan Gw


Note: Ini lanjutan artikel gw, "Kisah Sukses Ina Cookies"  pas bulan Februari yaa


Guna membuat produknya semakin dekat dengan konsumen, Ibu Ina membuat brand imagenya sendiri. Selain jenis kue-kue yang sudah dikenal, seperti nastar, kastangel, dan choco chips, Ina Cookies menciptakan resep kuenya sendiri dengan nama-nama yang tak kalah unik.
Ibu Ina memilih awalan “Putri” untuk nama setiap kue hasil kreasinya. Dari sekitar 85 resep kuenya, nama kue yang berawalan “Putri” masih sekitar 40 resep. Ibu Ina pun bercita-cita, suatu saat nanti nama kue berawalan “Putri” bisa mencapai 100 resep.

Dalam penamaan pun juga tidak sembarangan. Setiap nama ada cerita. Misalnya, nama kue Putri Adrin berasal dari nama putrid sulungnya, Adrin. Lalu juga ada Putri Voula yang juga berasal dari nama putrinya keduanya, Voula, dan Putra Fakhri untuk nama putra bungsunya, Fakhri.
Upaya lain yang dilakukan Ibu Ina adalah mendaftarkan hak paten nama-nama kue keringnya. Tak lupa juga, setiap tahun beliau mengurusi label halal dan izin dari Dinas Kesehatan.
Ibu Ina membulatkan tekatnya untuk mengembangkan bisnis yang telah membesarkan namanya itu. Dalam pemasaran produknya, dirinya sangat bergantung pada jaringan-jaringan agen di sejumlah daerah. Sekarang ini, terdapat 113 agen yang terdaftar. Untuk diketahui, sistem penjualan kepada agen adalah beli putus.
Untuk menjaga motivasi para agennya, Ibu Ina memiliki trik khusus. Beliau membuat konsep hadiah umrah bagi para agen yang tingkat penjualannya sangat tinggi dalam rentang waktu satu tahun. Pada tahun ini, 2 orang agen akan berangkat menuju tanah suci untuk beribadah.


Strategi sukses ala saya
Setelah mengetahui kiat-kiat sukses ala Ibu Ina Wiyandini, saya pun berhasil menyusun strategi sukses ala diri saya sendiri, antara lain:
*      Membuat resep kue yang unik, menarik, dan bergizi
*      Menggunakan nama-nama kue yang tidak sering dipakai
*      Menerima inovasi-inovasi dari para pembuat kue yang bekerja dengan kita
*      Memberi bonus kepada agen produk kita
*      Memperluas jangkauan pemasaran dengan cara membangun workshop atau tempat produksi di tempat lain
*      Adanya layanan pesan antar kue kering khusus daerah Jabodetabek



                                  Bottom of Form


      




                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar