Rincian Perusahaan
Nama Usaha :
Nadika Cookies and Pastry
Jenis perusahaan menurut
lapangan kerja : Industri makanan
Pemilik Perusahaan :
Nadira Anamika Utari
Lokasi :
KAV. DKI Blok 147 No. 15, Meruya
Selatan, Jakarta Barat
Lokasi ini menguntungkan
karena
Barang yang dijual : Enak, sehat, dan terjangkau harganya.
Distributor : Distributor mudah menjangkau
tempat karena jarang terjadi
Kemacetan dan tidak rawan banjir.
Konsumen : Mudah mendapatkan barang karena
tempat penjualan
strategis, dapat
dijangkau dari arah Jakarta maupun Banten,
jarang
terjadi kemacetan dan tidak rawan banjir.
RENCANA BISNIS
Nadika Cookies and Pastry
Nama Usaha :
Nadika Cookies
Produsen :
Nadika Food
Pemilik : Nadira Anamika Utari
Alamat Produksi : Tempat tinggal Nadira Anamika Utari
Barat 11650
Visi
Perusahaan ini bertujuan untuk menyediakan alternative
kue kering yang lezat, variatif, dan harga terjangkau.
Analisis Pasar
Dari pengamatan saya, di lingkungan saya akan
berjualan, tidak ada yang menjual kue-kue kering.
Analisis Pesaing
Karena di lingkungan di mana saya akan berjualan belum
ada pedagang yang menjual produk serupa, maka saya dapat mengatakan bahwa kami
tidak memiliki pesaing.
Strategi
Nadika Cookies and Pastry dapat membuat kue kering yang enak, murah, dan
bergizi. Dibuat dengan bahan-bahan pilihan terbaik untuk menciptakan cita rasa
yang berbeda dari kue-kue kering pada umumnya. Selain itu, kue-kue yang akan dipasarkan juga
memiliki variasi rasa yang sangat beragam.
Nadika Cookies and Pastry tidak mendistribusikan barangnya secara independen.
Tetapi melalui agen-agen yang tersebar di berbagai tempat. Walaupun begitu,
harga barang tetap murah. Pembagian komisi kepada agen dilakukan dengan cara
mentotal berapa banyak stoples kue yang dijual dalam satu bulan. Diperkirakan,
agen akan mendapat sekitar 10% keuntungan dari total penjualan.
Untuk mempermudah konsumen, perusahaan ini juga
menawarkan system pesan antar. Konsumen dapat melihat kue-kue yang dijual di
website perusahaan dan memesannya melalui telepon maupun email. Kelebihannya,
konsumen tidak akan dibebani biaya ongkos kirim.
Kelemahannya, Nadika
Cookies and Pastry belum memiliki
pengalaman yang cukup. Meskipun memiliki variasi rasa yang banyak, belum tentu
para konsumen menyukainya.
Strategi yang kami terapkan adalah memberikan potongan
harga kepada konsumen yang membeli 1 lusin kue pada 1 kali pembelian sebesar
10%. Dan untuk para agen, saya akan memberikan hadiah paket umroh bagi agen
dengan penjualan tertinggi dalam satu tahun.
Produk
Nadika Cookies and Pastry adalah toko yang menjual kue-kue kering yang sehat,
enak, dan memiliki rasa yang bervariasi. Di dalam 1 stoples, konsumen dapat
memilih sendiri kue apa yang ingin mereka masukkan ke dalam stoples tersebut.
Tapi, konsumen juga bisa membeli 1 stoples dengan 1 rasa yang sama. Pilihan
rasa yang disajikan pun banyak. Seperti kastengel, nastar, dan choco chip.
Sasaran konsumsi kami adalah semua lapisan usia, dari
muda hingga tua. Produk ini dirancang sebagai alternative para konsumen dalam
menyuguhi tamunya di hari-hari besar maupun sehari-hari untuk dinikmati
keluarga. Produk ini akan kami jual seharga Rp50.000,00. Dengan harga yang
relative lebih murah dari pada penjual lainnya, diharapkan mereka mau membeli
produk dari Nadika Cookies and Pastry.
Pemasaran
Nadika Cookies and
Pastry akan melakukan
pemasaran dengan cara:
- Membuka stand di pameran-pameran. Misalnya pameran UKM.
- Memberikan tester kepada calon konsumen.
- Melakukan promosi dengan membuat iklan di radio.
Gimana? Teoritis gak gw haha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar